Minggu, 05 Februari 2012

HAL PERBUATAN BAIK DAN BURUK

HIKMAH IMAM ALI BIN ABI THOLIB

HIKMAH IMAM ALI BIN ABI THOLIB

TENTANG BEBERAPA HAL PERBUATAN BAIK DAN BURUK.

1.   “ Kebaikan bukanlah dengan bertambah banyaknya harta dan anak-mu. Akan tetapi kebaikan adalah dengan bertambah banyaknya ilmu-mu , bertambah besarnya belas-kasih-mu , dan engkau menyayangi orang lain dengan mengajak ibadahmu kepada Tuhan-mu. Maka jika engkau bisa berbuat baik  , engkau harus memuji Allah ‘Azza wajalla ; dan jika engkau berbuat buruk , beristiqfarlah kepada Allah.” 

2.   “ Tidak ada kebaikan didunia kecuali bagi dua golongan manusia , yaitu : ( pertama ) , seseorang yang berbuat dosa , lalu dia cepat-sepat bertaubat. Kedua , seorang yang bersegera dalam amal kebajikan. Tidak-lah dipandang sedikit perbuatan yang dilakukan dengan ketaqwaan , maka bagaimana dapat dikatakan sedikit suatu perbuatan yang diterima ( Allah ) ? “

3.   “ Kesempatan terus berjalan seperti jalannya awan. Oleh karena itu , cepatlah kalian ambil segala kesempatan yang baik.”

4.   “ Kedermawanan yang sebenarnya adalah berniat melakukan kebaikan kepada setiap orang. Lalu berniat baik bagi setiap orang.”

5.   “ Diantara amal kebajikan yang paling utama adalah  berderma disaat kesusahan , bertindak jujur ketika sedang marah , dan memberi maaf ketika mampu untuk menghukum.”

6.   “ Kebaikan yang tidak ada keburukan didalamnya adalah bersyukur ketika mendapat -kan kenikmatan  , dan bersabar ketika mendapatkan musibah.”

7.   “ Berbuat-lah kebaikan dan janganlah kalian meremehkan-nya sedikitpun.  Sebab , kecilnya kebaikan adalah besar  dan sedikitnya kebaikan adalah banyak. Dan janganlah sekali-kali salah seorang dari kalian mengatakan , “ Sesungguhnya orang lain lebih utama dalam hal melakukan kebaikan ini dari pada saya.” Maka , demi Allah , perkataan - nya akan menjadi kenyataan. Sesungguhnya bagi kebaikan dan keburukan ada pemilik -nya ( pelaku-nya ). Maka  , sepanjang kalian meninggalkan diantara kedua-nya  , orang lain ( ahlinya ) mengambilnya.”

8.   “ Jika seorang meninggal dunia  , terputuslah segala amalnya kecuali tiga , sedekah jariah , ilmu yang dia ajarkan kepada manusia lalu mereka mendapatkan manfaat dengan-nya ; dan anak yang saleh yang mendoakannya.”

9.   “ terimalah orang yang gagal , karena sesuatu yang gagal dari mereka pasti “ Tangan Allah “ ada diatas tangan mereka yang mengangkat kegagalan mereka.”

10. “ Janganlah engkau meninggalkan kebaikan , karena zaman selalu berputar . Banyak sekali orang yang pagi harinya mengharapkan kebaikan ( pemberian ) orang lain berubah menjadi orang yang diharapkan kebaikannya oleh orang lain , dan orang yang kemarennya mengikuti orang lain berubah menjadi orang yang diikuti.”

11. “ Permulaan kebaikan dipandang ringan , tetapi akhirnya dipandang berat. Hampir – hampr saja pada permulaannya dianggap sekedar menuruti khayalan , bukan pikiran , tetapi pada  akhirnya dianggap sebagai buah pikiran , bukan khayalan. Oleh karena itu , dikatakan bahwa memelihara pekerjaan lebih berat daripada memulainya.”

12. “ Dengan kebaikan , orang yang merdeka bisa berbuat.”

13. “ Pasti ada teman didalam kubur-mu. Oleh karena itu , jadikanlah teman-mu itu seorang yang berwajah ceria yang sangat wangi baunya. Teman itu adalah amal soleh.”
14. “ Memulai pekerjaan adalah sunnah , sedangkan memeliharanya adalah wajib.”

15. “ Tidak ada perdagangan yang seperti amal soleh , dan tidak ada keuntungan yang seperti pahala.”

16. “ Jika engkau merasa lelah dalam kebajikan , maka sesungguhnya kelelahan itu akan hilang , sementara kebajikan akan kekal.”

17. “ Belanjakan-lah harta-mu dalam hal yang benar , dan janganlah engkau menjadi penyimpan harta untuk sekalian diri-mu ( orang lain ) karena menumpuk harta.”

18. “ Benar – benar mengherankan  , orang yang dikatakan punya kebaikan , padahal kebaikan tidak ada pada dirinya , Bagaimana ia merasa gembira ? Dan juga benar- benar mengherankan , orang yang dkatakan punya keburukan , bagaimana ia marah ?”

19. “ Tidak ada yang mengetahui keutamaan orang yang memiliki keutamaan  kecuali orang-orang yang memiliki keutamaan.”

20. “ Sesungguhnya Allah memiliki hamba – hamba yang dikhususkan-Nya dengan berbagai kenikmatan untuk kemanfaatan hamba-hamba-Nya yang lain. Allah meng - ukuhkan kenikmatan ( harta ) itu ditangan mereka selama mereka menderma - kannya. Maka jika mereka tidak mendermakannya  , pasti Allah akan mencabutnya dari mereka , kemudian DIA mengalihkannya kepada orang lain.”

21. “ Kebajikan adalah apa yang menenangkan hatimu. Sedangkan dosa adalah hatimu yang dibuatnya gelisah karenanya dan menyesakkan dada-mu.”

22. “ Jika bentuk keburukan bergerak dan tidak tampak wujutnya , maka ia akan menyebab -kan ketakutan ; dan jika tampak wujudnya , maka ia akan menyebabkan kesakitan. Sebaliknya , jika bentuk kebaikan bergerak dan tidak tampak wujudnya, maka ia akan menyebabkan kegembiraan ; dan jika tampak wujudnya , maka ia akan menyebabkan kenikmatan.”

23. “ Lemparkanlah kembali batu itu dari arah mana ia datang , karena sesungguhnya kejahatan  tidak didorong  kecuali oleh kejahatan.”

24. “ Akhiri keburukan karena sesungguhnya jika engkau menghendaki  , niscaya engkau akan terburu- buru mengambilnya.”

25. “ Pelaku kebaikan lebih baik daripada kebaikan itu sendiri , dan pelaku kejahatan lebih jahat daripada kejahatan itu sendiri.” ( karena kebaikan yang tidak dilakukan bukanlah kebaikan / yang memberi manfaat , dan kejahatan yang tidak dilakukan adalah bukan kejahatan – ia hanya obyek , yang baik dan yang jahat adalah subyeknya. / pen )

26. “ Bersahabatlah dengan orang yang baik  , niscaya engkau akan termasuk diantara mereka ; dan tinggalkanlah orang-orang jahat, niscaya engkau terpisah dari mereka.”

27. “ Janganlah engkau bersahabat dengan orang jahat karena sesungguhnya watakmu mencuri dari sebagian wataknya , sementara engkau tidak tahu.” (tidak menyadarinya)

28. “ Orang – orang jahat mengincar keburukan manusia dan meninggalkan kebaikan mereka , sebagaimana lalat mengincar tempat – tempat yang kotor.”

29. “ Sesuatu yang manfaatnya bersifat umum adalah kematian bagi orang yang jahat.”

30. “ Janganlah kalian bersahabat dengan orang jahat karena sesungguhnya mereka mengungkit – ungkit kebaikan mereka terhadap kalian.”   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar