Senin, 06 Februari 2012

HAL PERGAULAN DENGAN SESAMA MENURUT Al QUR’AN DAN AL HADITS

HAL PERGAULAN DENGAN SESAMA MENURUT Al QUR’AN DAN AL HADITS

HAL PERGAULAN DENGAN SESAMA MENURUT
Al QUR’AN DAN AL HADITS

(seri artikel PERGAULAN DENGAN SESAMA MENURUTAl QUR’AN DAN AL HADITS by iman)

PERINTAH UNTUK LEMAH - LEMBUT dan BERKASIH - SAYANG

1.  “ BISMILLAAHIR  RAHMAANIR RAHIIM “ , “ Dengan menyebut nama ALLAH Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. ( Al Faatihah , 1 : 1 ) , “ Dan Allah sangat Penyayang kepada hamba-hamba-Nya.”   ( Ali Imran , 3 : 30 )  ,  “ Allah adalah sebaik-baik penjaga dan DIA adalah Maha Penyayang diantara para penyayang .” ( Yusuuf , 12 : 64 ) , “ Sesungguhnya Allah sangat berbelas kasihan  dan suka kasih-sayang , lemah lembut dalam segala hal.”  ( HR. Bukhari & Muslim )

2. Sesungguhnya telah datang kepada-mu seorang Rasul dari kaum-mu sendiri , berat terasa oleh-nya penderitaan-mu , sangat menginginkan ( keimanan & keselamatan ) bagi-mu , amat belas-kasihan lagi penyayang bagi orang-orang mu’min.” ( At Taubah , 9 : 128 ) ,  “ Sesungguhnya Ibrahim adalah sangat lembut hatinya lagi penyantun.” ( At taubah , 9 : 114)

3.  “ katakanlah , “ Jika bapak-bapak-mu , anak-anak-mu , saudara-saudaramu , istri - istri-mu , kaum keluarga-mu , harta kekayaan yang kamu peroleh , perniagaan yang kamu kawatirkan merugi dan tempat tinggal yang kamu sukai , lebih kamu cintai dari  Allah dan rasul-NYA dan ( dari ) berjihad dijalan-Nya , maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya.” ( At taubah , 9 : 24 )

“  Orang-orang yang beriman itu cinta kepada Allah “ ( Al Baqarah ,  2 : 165 ) , ( dibuktikan dengan mengikuti rasulullah / pen ) , Katakanlah , “ Jika kamu  ( benar-benar )   mencintai Allah ikutilah aku     ( muhammad )   , niscaya Allah mencintai-mu dan mengampuni dosa-dosa-mu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. “  ( Aali ‘Imraan ,  3 : 31 , Al Munaafiquun , 63 : 9 )

“ Tiga kelompok diantara-mu yang akan mendapatkan manisnya Keimanan :
1. dia yang menjadikan Allah dan Rasul-Nya untuk lebih dicintai daripada selain keduanya
2. dia mencintai seseorang yang ia tidak mencintai-nya kecuali Allah ,
3. dia membenci untuk kembali ke pada kekafiran setelah Allah menyelamatkan baginya , sebagai mana ia benci dilemparkan keda - lam neraka.( HR. Bukhari & Muslim ) ,

“ Tidak beriman seorang diantara-mu hingga aku ( muhammad ) lebih dicintai olehnya dari pada anak-nya dan orang tua-nya serta manusia seluruhnya.” ( HR. Bukhari dan Muslim ) ,

4. “ Dan tiada pula sepatutnya mereka mencintai diri mereka sendiri melebihi dari Rasul.”  ( At Taubah , 9 : 120 )

5. “ Tiada sempurna Iman salah seorang dari kalian  sehingga ia mencintai saudaranya seperti cinta nya kepada dirinya sendiri. “  ( HR Bukhari  Muslim ) ,

6. “ Kemudian termasuk golongan orang-orang yang beriman dan nasehat – menasehati  ( supaya ) sabar dan nasehat-menasehati supaya berkasih sayang.”  ( Al Balad ,  90 : 17 )

7. “ Barang siapa tidak mengasihi dan menyayangi manusia maka dia tidak dikasihi dan tidak disayangi Allah “ ( HR. Al Bukhari )

8. Amal perbuatan yang paling disukai Allah sesudah yang fardhu ( wajib ) ialah : memasukkan kesenangan kedalam hati seorang muslim. ( HR. Athabrani )

9.  Bukanlah dari golongan kami orang yang tidak mengasihi dan menyayangi yang lebih muda , dan tidak menghormati orang yang lebih tua , dan tidak beramar makruf dan nahi- munkar.( HR. Attimidzi )

10. Seorang pemuda yang menghormati orang tua karena memandang usianya yang lanjut maka Allah mentakdirkan baginya pada usia lanjut orang akan menghormati-nya. ( HR. Attirmidzi )

11. Katakanlah : “ Aku tidak meminta kepada-mu sesuatu upahpun atas seruanku kecuali kasih-sayang dalam kekeluargaan. “ ( Asy Syuura , 42 : 23 ) 

12. “ Sesungguhnya orang – orang yang beriman dan beramal soleh , Yang Maha Pengasih akan membuat kasih – sayang bagi mereka “ ( Maryam , 19 : 96 )

13. “ Sungguh berbahagialah orang yang mampu bergaul dengan orang-orang baik dan berilmu , serta memberikan kasih-sayang kepada orang-orang yang hina dan miskin “          ( HR. Bukhari )

14. “ maka karena rahmat dari Allah , engkau bersikap lemah lembut terhadap mereka , sekiranya engkau berlaku keras dan berhati kasar , tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitar-mu. Maka maafkanlah mereka dan mohonkan ampun bagi mereka , dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam suatu urusan. Maka apabila kamu telah membulatkan tekad bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal.” ( Aali ‘Imraan , 3 : 159 )

15. “ Dan berilah peringatan kepada kerabat-mu, dan lemah lembutlah terhadap orang-orang yang mengikuti-mu dari orang-orang mukmin.” ( Asy Syu’araa’ ,  26 : 214 – 217 )

16. DLL.



Membina Hubungan Baik / Persaudaraan ( Silaturrahim )
dan Mendoakan Orang Lain.

1.   Rasulullah bersabda : “ Ada seorang laki-laki yang mengunjungi saudaranya di lain desa , maka Allah mengirimkan malaikat untuk mengawasinya. Ditengah perjalanan  Malaikat menghadangnya dan bertanya : “ Kamu mau kemana ? , Dia menjawab ,  “ Aku mau mengunjungi saudaraku yang tinggal didesa ini. Malaikat bertanya ,   “ Apakah kamu punya kepentingan sehingga kamu mengunjunginya ?! , Dia menjawab : “ Tidak ! , aku mengunjunginya sebab aku mencintainya karena Allah. Malaikat berkata : “ Sesungguhnya aku diutus Allah untuk menemuimu. Ketahuilah bahwa Allah juga mencintaimu sebagaimana kamu men -cintai saudaramu karena Allah . “   ( HR. Muslim , lihat no. 4 b ) ,

2.   Rasulullah bersabda : “ Doanya orang muslim untuk saudaranya yang sedang tidak bersamanya terkabulkan , karena diatas kepala -nya ada Malaikat . Setiap dia men - doakannya dengan kebaikan , Malaikat yang ditugaskan itu berkata ,  “ Amien ! “ dan bagi kamu seperti itu juga.” ( HR. Muslim )

3.   Sesungguhnya sebaik-baik berbuat baik terhadap orang tua , yaitu seseorang yang menyambung persahabatan dengan sahabat baik orang tua-nya , sepeninggal orang tuanya itu. ” ( HR. Muslim )  
4.   Diriwayatkan : Ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah saw. Dengan bertanya sbb :  “ Ya Rasulullah ! , apakah masih ada yang harus saya lakukan demi berbuat baik kepada orang tua saya , sesudah mereka itu meninggal dunia ? “ , Ya ! , yaitu : mendoakan untuk kedua-nya , memintakan  ampun untuk kedua-nya , menunaikan janji  ( amanat ) keduanya , menyambung silahturahim terhadap orang yang tidak bisa tersambung melainkan lantaran kedua-nya dan mengadakan penghormatan kepada sahabat-sahabat kedua-nya. ” ( HR. Abu Daud & Al Baihaqi )

5.   “ Barang siapa yang menginginkan untuk dipermudah urusan rejekinya dan diper - panjang umurnya ( oleh Allah ) maka hubungilah saudara-nya. ( bersilahturahim )( HR. Bukhari & Muslim ) ( memberikan kebaikan-kebaikan atau manfaat kepada yang dikunjungi , membina hubungan baik di jalan Allah SWT ) ,

6.   “ Dan bertaqwa-lah kepada Allah yang dengan ( mempergunakan ) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain , dan ( peliharalah ) hubungan silaturrahim. Sesung - guhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.(An Nisa’,  4 : 1)

7.   Kebaikan yang paling cepat mendapat ganjaran ialah kebajikan dan menyambung hubungan kekeluargaan  dan kejahatan yang paling cepat mendapat hukuman ialah : kezaliman dan pemutusan hubungan kekeluargaan. (silahturahim)  (HR.Ibnu Majah )             ( memutuskan hubungan tali silaturahim bisa berarti sama dengan memutuskan atau menghambat masuknya / jalannya rejeki dari Allah )

8.   Orang yang menginginkan umur panjang dan rejeki yang cukup , hendaknya bersikap baik dan mengasihi orang tuanya dan sanak – familinya.” ( Anas bin Malik Ra. )

9.   Dll.

HAL TENTANG HIDUP BERTETANGGA :

1. Rasulullah Saw melarang kami memasuki rumah wanita yang suaminya sedang tidak ada dirumah. ( sedang keluar /berpergian ) ( HR. AHMAD )

2. Demi Allah - tidak beriman , demi - Allah tidak beriman , demi Allah - tidak  beriman. Lalu ditanya : “ Siapakah wahai Rasulullah ? “ Beliau bersabda : “ Yaitu orang yang tetang - ganya tidak merasa aman karena gangguan - nya. ( HR. Bukhari dan Muslim )

3.  “ Barang siapa yang beriman kepada Alloh dan hari kiamat , maka tidak boleh ia menyakiti tetangganya   “   ( HR. Bukhari dan Muslim )

4. Jibril senantiasa berwasiat kepadaku untuk berbuat baik kepada tetangga , hingga aku mengira dia itu akan menjadi ahli waris.  ( H.R. Bukhari )

5. “ Tidaklah beriman dengan baik kepadaku orang yang bermalam ( tidur ) dengan perut kenyang , padahal tetangganya berbaring dalam keadaan lapar , sedang ia mengetahui keadaan tetangganya itu “ ( H.R. Bukhari ) ( termasuk juga orang non muslim ! ) 

6.  Sembahlah Allah dan janganlah kamu menyekutukan Dia dengan apa juapun. Berbuat baiklah kepada ibu-bapak , karib-kerabat, anak-anak yatim , orang-orang miskin , tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh , teman sejawat , orang musafir ,  Sesungguhnya Allah tidak mengasihi yang sombong dan memamerkan diri. ( An Nisaa’ , 4 : 36 )

7.  Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir , maka janganlah menyakiti tetangganya  , dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir , hendak-lah berbicara yang baik , ( kalau tidak dapat ) hendaklah diam saja.(H.R.Bukhari &  Muslim )  

8.   Pilihlah tetangga sebelum memilih rumah. ( HR.Al Khatib )

9. Tiap empat puluh rumah adalah tetangga-tetangga , yang didepan , dibelakang , di sebelah kanan dan disebelah kiri “  ( HR. Aththahawi )

10. Tetangga adalah orang yang paling berhak membeli rumah tetangga -nya.  ( HR. Bukhari dan Muslim )

11. Diantara kebahagiaan seorang muslim ialah mempunyai tetangga yang shaleh. ( HR. Ahmad dan Al Hakim )

12. Sesungguhnya sejahat-jahatnya manusia disisi Allah pada hari kiamat yaitu orang yang dijauhi orang lain karena takut akan kejahatan orang itu. ( Al Hadits )

13. Dll .

wallahu ta'ala a'lam bish shawab . . . . . . . ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar