Senin, 06 Februari 2012

PERIHAL SHALAT DAN DOA

Ikhtiar Rohaniah Menjemput jodoh yang Baik dari ALLAH. (Syarat An Nuur , 26)

(Diiringi ikhtiar lahiriah dan perbaikan – perbaikan diri menuju Insan yang Soleh/a)


Karena permintaan ini begitu penting dan sangat berharga bagi kelangsungan hidup kita dimasa mendatang, maka marilah kita mengikuti cara [resep] yang diajarkan Nabi saw. kepada kita.

Adapun caranya antara lain adalah :

1. MELAKUKAN SHALAT ISTIKHARAH

...Dari Jabir bin Abdillah ra. ia berkata, " Nabi saw mengjari kami untuk meminta petunjuk dalam segala hal perkara [urusan] sebagaimana mengajarkan kami AL-Qur'an," Beliau berkata :
" Apabila salah seorang diantara kalian hendak memutuskan satu perkara, maka hendaklah ia shalat dua rakaat diluar shalat fardhu [shalat sunah Istikarah] kemudian ucapkan doa sebagai berikut :

 Allahumma inni astakhiiruka bi'ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as-aluka min fadhlikal 'azhiimi fa-innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta'lamu wa laa a'lamu wa anta 'allaamul ghuyuub. Allahumma in kunta ta'lamu anna haadzal amra [...] khairul lii fii diinii wa ma'aasyii wa 'aaqibati amrii faqdurhu lii wa yassirhu lii. tsumma baarik lii fiihi. wa inkuta ta'lamu anna haadzal amra syarrul lii fii diinii wa ma'aasyi wa 'aaqibati amrii fashrifhu 'annii washrifnii 'anhu waqdur liyal khaira haitsu kanaa tsumma radhdhinii bih .

" Ya Allah, sungguh aku meminta pilihan berdasarkan ilmu-Mu dan aku memohon kekuatan dari-Mu dengan kekuatan-Mu, serta aku memohon kepada-Mu yang Agung. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa, sedangkan aku lemah, Engkau Maha Mengentahui sewdang aku bodoh, Dan Engkau Maha Mengetahui segala yang ghaib. Ya Allah, skiranya Engkau mengetahui urusan ini [sebutkan urusan yang sedang dihadapi] baik untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan baik pula akibatnya bagi diriku, maka putuskanlah ia untukku dan mudahkanlah ia untukku, kemudianberilah keberkahan padanya . Dan sekiranya engkau mengetahui bahwa urusan ini tidak baik untukku , dalam agamaku , kehidupanku , dan buruk akibatnya terhadapku , maka hindarkan diriku darinya , dan hindarkan ia dari diriku. Putuskanlah urusan yang baik untukku dimana pun ia bera , kemudian ridhaiah urusan ini untukku".(HR. Bukhari dan Ash-Habus Sunan)


2. MELAKUKAN SHALAT HAJAT

Mengenai shalat hajat ini sudah dijelaskan di atas dalam "Doa Agar Ditolong Allah Mampu Mewujudkan Apa Yang Menjadi Hajatnya" pada halaman 59


3. LAKUKANLAH APA YANG TELAH DIAJARKAN NABI SAW. KEPADA KITA SEPERTI DI BAWAH INI :

Nabisaw. bersabda ,"Kerjakan duabelas raka'at pada malam hari atau siang hari. Bacakan tasyahud di akhir setiap shalat , hendaklah engkau bertahmid/menyampaikan pujian kepada Allah swt. (dengan membaca alhamdulillaahi rabbil'aalamiin) dan mengucapkan shalawat kepada Nabi saw. Setelah itu, bacalah AL-Faatihah 7X sambil bersujud , lalu ayat AL-Kursi 7X, dan kemudian ucapkanlah :

Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syariikalah, lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa 'alaa kulli syai-in qadiir.

"Tiada Ty\uhan selain Allah Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagi-Nya. Hanya Dia Yang memiliki kerajaan dan pujian, dan Dia berkuasa atas segala seuatu. 10X


KEMUDIAN UCAPKAN DOA BERIKUT INI :

Allahumma innii as-aluka bimaa'aaqidil'izzi min 'arsyika wa muntharrahmati min kitaabika wa ismika a'zhami wa jaddikal a'la wa kalimaatikataammati.


" Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepad-Mu dengan kukuhnya keagungan 'Arsy-Mu dan rahmat-Mu yang tiada terhingga dan kitab-Mu dan nama-Mu yang paling Agung, serta keagungan-Mu yang sangat tinggi dan kalimat-Mu yang sempurna "

Setelah itu, mintalah keperluanmu [bisa menggunakan doa yang diasjarkan oleh Imam Ja'far Shadiq seperti dibawah atau bisa juga dengan redaksi bahasa kita sendiri]. Lalu angkat kepalmu, laluberilah salam kekanan dan kekiri. Jangnlah doa ini engkau ajarkan kepada orang-orang yang bodoh,karena mereka akan berdoa yang tidak baik dan doa itu akan dikabulkan ." [HR Al-Hakim dan Ibnu Mas'ud ra]

Menyimak hadist ini, secara gamblang memberitahukan kepada kita bahwa amalan ini sungguh sangt mujarab. Sehingga tidak heran jika Al-Hakim sendiri telah membuktikan kemujaraban amalan ini. Dia bilang, " Aku pun telah mencoba doa ini dan dikabulkan " Lalu Ah-Hakim juga meriwayatkan bahwa 'Zakariya berkata kepada kami bahwa dia telah mencobanya dan ternyta doa ini benar-benar mustajabah," Disamping itu Ahmad bin Harb mengatakan," Aku telah mencobanya ternyata doa ini benar." Sedangkan Ibrahim Ad-Dubayli juga mengatakan," Aku telah mencoba doa ini dan ternyata mustajabah' Dan tentu amalan ini bisa untuk keperluan apa saja sesuai dentgan hajatnya.


4. KITA BISA MENGIKUTI ANJURAN IMAM JA'FAR SHADIQ

Imam Ja'far Shadiq ra berkata, " Jika seseorang ingin menikah, hendaklah dia shalat dua rakaat [shalat hajat untuk memohon jodoh] dan bertahmid [membaca Alhamdulillahi Rabbil 'Aalamiin] kepada Allah swt. Setelah itu membaca doa usai shalat hajat, lalu membaca doa sebagai berikut:

Allahumma innii urlidu an atazawwaja faqaddirlii minanisaa-i a'sffahunna farjan wa ah-fazshahunna lii fii nafsihaa wa fii maalii wa ausa'ahunna rizqan wa a'zhamahunna barakatan wa qaddirlii waladan thayyiban taj'aluhukhalafan shaalihan fii hayaatii wa ba'da mamaatii

" Ya Allah sungguh akuingin menikah . takdirkanlah untukku perempuan/pria yang paling baik dalam menjaga kesuciannya, paling baik dalam menjaga dirinya terhadapku dan terhadap hartaku, paling luas rejekinya, dan paling besar keberkahannya. Dan takdirkanlah untukku seorang anak [bebrapa anak] yang baik hingga Engkau jadikan keturunan yang shaleh semasa hidupku dan setelah kematianku ."

Dan setelah itu bisa dilanjutkan dengan membaca doa dibawah ini :

Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyatinaa qurrata a'yuniw waj'alnaa lil muttaqiina imaamaa.

" Ya Allah kami, karuniakanlah kepada kami istri/suami dan keturunan yang menyenangkan hati. dan jadikanlah kami teladan bagio orang-orang yang berkawa . " [QS Al-Furqan :74]

Sumber/ref. : Doa-Doa Mustajabah Agar Selalu Ditolong oleh Allah.

Wallahu ta'ala a;lam bish shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar