Senin, 06 Februari 2012

PERSAHABATAN SUATU HUBUNGAN YANG DI MULIAKAN ALLAH SWT.

PERSAHABATAN SUATU HUBUNGAN YANG DI MULIAKAN ALLAH SWT.

PERSAHABATAN SUATU HUBUNGAN YANG DI MULIAKAN ALLAH SWT.

Hal Yang Mendasari Mengapa Hubungan Persahabatan ( Kawan Lama ) & Persaudaraan Harus Dilestarikan (prepared by Iman ) 

1.   Sesungguhnya sebaik-baik berbuat baik terhadap orang tua , yaitu seseorang yang menyambung persahabatan dengan sahabat baik orang tua-nya , sepeninggal orang tuanya itu. ” ( HR. Muslim )  

2.   Diriwayatkan : Ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah saw. Dengan bertanya sbb :  “ Ya Rasulullah ! , apakah masih ada yang harus saya lakukan demi berbuat baik kepada orang tua saya , sesudah mereka itu meninggal dunia ? “ , Ya ! , yaitu : mendoakan untuk kedua-nya , memintakan  ampun untuk kedua-nya , menunaikan janji  ( amanat ) keduanya , menyambung silahturahim terhadap orang yang tidak bisa tersambung melainkan lantaran kedua-nya dan mengadakan penghormatan kepada sahabat-sahabat kedua-nya. ” ( HR. Abu Daud & Al Baihaqi )  

3.   Sesungguhnya Allah ta’ala menyukai kelestarian atas keakraban kawan lama , maka peliharalah kelangsungannya. (HR. Adailami)

4.   “ Apabila salah seorang diantara kalian merasa senang berteman kepadanya , hendaknya dia memberitahukan bahwa ia senang bergaul dengan -nya.” (HR.Ahmad )

5.   Seseorang adalah sejalan dan sealiran dengan kawan akrab-nya , maka hendaklah kamu berhati-hati dalam memilih kawan pendamping.(  HR. Ahmad )

6.   Belalah ( tolong-lah ) kawan-mu baik dia zalim maupun dizalimi , Apabila dia zalim , cegahlah dia dari perbuatannya dan bila dia didzalimi upayakanlah agar ia dimenangkan. ( HR. AL Bukhari )

7.   Jangan meremehkan sedikitpun tentang makruf meskipun hanya menjumpai kawan dengan ceria ( senyum ) ( HR. Muslim )

8.   Kawan pendamping yang soleh ibarat penjual minyak wangi. Bila dia tidak memberi - mu minyak wangi kamu akan mencium keharuman-nya. (HR.Al Bukhari)  

9.   “ Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu bersaudara , maka damaikan - lah saudara-saudaramu yang sedang bertikai. “  ( Al-Hujurat, 49 : 10 ) ,

Rasulullah bersabda , “ Ada seorang laki-laki yang mengunjungi saudaranya di lain desa , maka Allah mengirimkan malaikat untuk mengawasinya. Ditengah perjalanan  Malaikat menghadangnya dan bertanya , “ Kamu mau kemana ? , Dia menjawab , “ Aku mau mengunjungi saudaraku yang tinggal didesa ini. Malaikat bertanya , “ Apakah kamu punya kepentingan sehingga kamu mengunjunginya ?! , Dia menjawab , “ Tidak ! , aku mengunjunginya sebab aku mencintainya karena Allah. Malaikat berkata , “ Sesung -guhnya aku diutus Allah untuk menemuimu. Ketahuilah bahwa Allah juga mencintai - mu sebagaimana kamu mencintai saudaramu karena Allah .“ ( HR.Muslim  )

10. Rasulullah bersabda : “ Doanya orang muslim untuk saudaranya yang sedang tidak bersamanya terkabulkan , karena diatas kepalanya ada Malaikat . Setiap dia mendoakan-nya dengan kebaikan , Malaikat yang ditugaskan itu berkata ,   “ Amien ! “ dan bagi kamu seperti itu juga.” ( HR. Muslim )   

11. Sekiranya ada perbedaan pendapat diantara mu  tentang sesuatu maka kembali - kanlah kepada Alloh ( Al qur’an ) dan rasul-Nya ( Sunnah Rasul ) , sekiranya memang kamu beriman kepada Alloh dan hari kemudian / akhirat. Demikian itulah lebih baik dan lebih tepat penyelesaian-nya  ( solusinya ) ( An Nisaa’ , 4 : 59 )

12. “ Dan senyuman-mu untuk saudara-mu adalah shadaqah.  ( HR. Ibnu Hibban dan Baihaqi )

13. “ Barang siapa memudahkan kesulitan saudaranya niscaya Allah akan memudahkan jalannya ke surga.”  ( Muslim )

14. Biarlah manusia saling memberi rezeki kepada yang lain -nya  ( HR Al  Baihaqi )        ( istilah gaulnya : bagi-bagi rejeki  ! )

15. Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari Akhir hendaklah menghormati tamunya. ( Hr. Bukhari dan Muslim )

16. Barang siapa tidak memperhatikan ( memperdulikan ) urusan kaum muslimin maka dia bukan termasuk dari mereka.  ( HR. Abu Dawwud )

17. Sesungguhnya Allah membenci orang yang selalu ber-wajah muram dihadapan kawan-kawannya. ( HR.Adailami )

18. Sesungguhnya Allah indah dan senang kepada keindahan . Bila sesorang keluar untuk menemui kawan-kawannya hendaklah merapikan dirirnya. ( HR. Al Baihaqi )

19. Tidak halal ( haram ) bagi seorang muslim tidak bertegur sapa dengan saudaranya lebih dari tiga malam . Mereka berdua bertemu, lalu yang seorang berpaling dan yang lain-pun berpaling pula. Dan yang lebih baik dari mereka berdua itu adalah yang mendahului menyampaikan salam .” (  Bukhori dan Muslim dari Abu Ayyup Al Anshori r.a. )

20. Janganlah kamu putus-memutuskan hubungan , belakang-membelakangi , benci-membenci , hasut-menghasut. Hendak lah kamu menjadi hamba Allah yang bersaudara satu sama lain   ( yang muslim ) dan tidaklah halal bagi  ( setiap ) muslim mendiamkan saudaranya lebih dari  tiga hari .( H.R. Bukhari dan Muslim )

21. Menyendiri lebih baik daripada berkawan dengan yang buruk , dan kawan    bergaul yang soleh lebih baik daripada menyendiri. Berbincang-bincang yang baik lebih baik dari pada berdiam & berdiam adalah lebih baik daripada berbicara  ( ngobro ) yang buruk   . ( HR. Al Hakim )

22. “ Tidak akan  masuk surga  orang yang  memutuskan  hubungan kekeluargaan.                ( silahtur-rahim ) ( HR. Muslim )

23. Kebaikan yang paling cepat mendapat ganjaran ialah kebajikan dan menyam - bung hubungan kekeluargaan  dan kejahatan yang paling cepat mendapat hukuman ialah : kezaliman dan pemutusan hubungan kekeluargaan ( silahturahim ) ( HR. Ibnu Majah )

24. Barang siapa yang menginginkan untuk dipermudah urusan rejekinya dan diper - panjang umur-nya ( oleh Allah ) maka hubungilah saudara-nya.  ( bersilahturahim )        ( HR. Bukhari & Muslim ) ( memberikan kebaikan-kebaikan kepada yg dikunjungi , membina hubungan baik )

25. Barang siapa rendah hati kepada saudara nya semuslim maka Allah akan mengangkat derajat-nya . Dan barang siapa mengangkat diri terhadapnya maka Allah akan merendah - kannya. ( HR. Athabrani ) , Allah mewahyukan kepada-ku agar kamu berprilaku rendah hati agar tidak ada orang yang menzalimi orang lain atau menyom - bongkan dirinya terhadap orang lain  . ( HR. Ahmad )

26. Kamu akan melihat kepada orang-orang mukmin itu dalam hal kasih-sayang  diantara mereka , dalam kecintaan dan belas kasihan diantara mereka - adalah seperti satu tubuh. Jika satu anggota tubuh itu merasa sakit maka akan menjalarlah kesakitan itu pada anggota tubuh yang lain dengan menyebabkan tidak dapat tidur dan merasakan demam. ( HR. Bukhari )

27. DLL.

wallahu ta'ala 'ala, bish shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar